Tugas Deskripsi Bahasa Indonesia

Industri Jamu Indonesia

 

Omzet Produksi Jamu 2006

Berdasarkan sumber dari Gabungan Pengusaha Jamu (GP Jamu) yang digambarkan pada diagram lingkaran mengenai omzet produksi jamu 2006, Indonesia menghasilkan devisa dari usaha jamu sebesar $300 juta dari total perdagangan dunia sebesar $27,5 triliun. Omzet produksi jamu dunia mencapai $20.000 triliun dan disusul oleh hasil produksi jamu di Asia sebesar $7.2 triliun.

 

Nilai Ekspor Jamu Indonesia 2006

Nilai ekspor jamu Indonesia mengalami penurunan pada tahun 2006. Menurut data-data dari Gabungan pengusaha Jamu dalam bentuk diagram batang menunjukan bahwa pada tahun 2005, industri jamu indonesia berhasil menoreh catatan nilai ekspor jamu sebesar 3,75 triliun rupiah kemudian di tahun 2006 terjadi penurunan nilai ekspor sebesar 1,25 triliun rupiah. Sehingga nilai ekspor jamu indonesia 2006 tercatat sebesar 1,5 triliun rupiah. Penurunan ini kemungkinan disebabkan oleh menurunnya daya beli masyarakat yang angkanya mencapai 40% akibat kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu. Selain itu, kurangnya perhatian pemerintah, baik itu pusat, provinsi maupun pemkab/pemkot terhadap industri jamu menyebabkan terhambatnya perkembangan industri jamu di Indonesia. Dan masalahan kualitas jamu yang mengandung campuran kimia kini dipermasalahkan oleh negara importir karena ada yang meninggal setelah mengkonsumsi jamu tersebut.

 

 

 

Skala Industri Jamu Indonesia

Industri Jamu indonesia menghasilkan omzet penjualan jamu rata-rata pertahunnya sebesar 3 triliun rupiah. Jumlah penjualan jamu tersebut dihasilkan oleh 1.166 industri jamu yang tersebar diseluruh indonesia dan hampir sekitar 70% perusahaan jamu tersebut berada di Jateng. Dengan perincian 1.037 industri kecil dan 129 industri besar. Adapun jamu-jamu yang sangat dikenal oleh masyarakat antaranya merupakan hasil dari perusahaan jamu dengan skala industri besar, yakni Mustika Ratu, Sari Ayu, Air Mancur, Nyonya Meneer, dan Sido Muncul.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s